January 10, 2009

angon cucu

kemarin waktu ngumpul keluarga di malang, embah ngajakin buat nglakuin ritual sesat "angon cucu" WOOW sounds like "angon kebo", rite???

sebenernya udh dari taon lalu sih embah dikasih tau orang-orang buat nglakuin ritual ini, tapi sama embah dicuekin, . eh ternyata kapan hari itu di TV ditanyangin kalo ada keluarga yg udh ngelakuin ritual yg sama. dasar keluarga aku itu banci tampil, diajak nglakuin acara beginian malah seneng2 aja, pengen tampil di tipiiii, malahan ibu2 kita pengen ikutan juga, ga mau ketinggalan (untung aja yg boleh ikut cuma CUCUnya embah aja, bukan ANAK-ANAKnya embah )

jadi ritual ini dilakukan kalo udah punya 25 cucu, terus ntar 25 cucunya itu dibarisin mulai dari yang paling tua sampai yg paling muda, terus diajak keliling pasar 3 kali. daaan embah ntar ada di bagian belakang sendiri pake topi pak tani sambil bawa bawa tali pecut. ya..yaaa bayangin aja kita kebonya dan embah adalah pak taninya, dan acaranya adalah mengembala sapi (ato kebo) yg baik, gosh
ternyata harus dilakuin di pasar tradisional, waktu kita protes minta keliling swalayan ato mall, langsung di protes sama ibu2 kita, habis keliling pasar ntar 25 cucunya dibeliin jajanan pasar di situ (pantess harus di pasar, lah kalo di mall bisa bangkrut si embah, ).

katanya sih ritual ini tujuannya biar kita semua (cucunya embah) dikasih berkah dan rejeki yg lancar sama ALLAH (amin), kita sih pengen secepetnya buat nglakuin ini, tp kayanya mesti di pending dulu, soalnya kemarin ada sodara yg sakit..
doakan aja, habis nglakuin ritual ini kita semua ga berubah jadi kebo,



1 comments:

Ajeng Sueztika Constitusia said...

wakakakaka....
lucu mbak... lucu...
kok ada ritual macam gitu dapet inspirasi dari mana tuh?? ahahhaa...

 
Header Image by Colorpiano Illustration