September 12, 2008

bu Nanik

alhamdulilah tiap kali puasa, kegiatan membaca al-Qur'an lebih (LEBIH) aku giatin. kalo di hari-hari lain baca Qur'annya seINGATnya aja (ya ALLAH ampuni saya), kalo bulan puasa gini LEBIH di INGAT-INGATkan-walopun ga khatam tapi tiap hari baca deh ^^. tiap kali baca Qur'an aku selalu ingat sama guru ngaji-bu Nanik. beliau udh lumayan tua, tapi masih kuat ngelakuin pekerjaan yg berat-berat. bu Nanik ini kerja bantuin tetanggaku bersih bersih rumah sama masak, kalo sore ngajarin ngaji di perumahan. diantara beberapa guru ngajiku dari jaman kecil dulu bu Nanik ini favorit deh.

selain lembut dan sabar bu Nanik juga penuh perhatian. sabar banget ngajarin aku yg suka ndableg ini (kalo diajarin males-males'an, kalo bu Nanik udh dtg di rumah aku ga mau ngaji, kalo ga gitu pura pura ada kerja kelompok biar ga ngaji). kalo aku belom bisa pasti diajarin berulang ulang sampai bisa. dulu bu Nanik pernah bilang "mbak ika selain lancar baca Qur'annya juga harus bener bacanya, soalnya kalo sampai salah, yang berdosa paling besar itu saya".

kalo lagi datang bulan biasanya bu Nanik suka ngasih kaya "pengajian kecil" buat aku. dikasih tau tentang ini, tentang itu. diajarin do'a-do'a, sholat ini sholat itu. kalo ada apa apa aku sering minta restu sama beliau (minta dibantu doa ^^) kaya dulu waktu mau UAN SMA, atau waktu SPMB. waktu itu bu Nanik bilang-sambil berkaca kaca (yg ga pernah aku lupain sampai sekarang) "iya mbak saya doakan biar mbak ika lancar ujiannya, mbak ika bisa sukses terus sampai mbesok-mbesok. mbak ika kalo ada apa apa sholat terus minta sama ALLAH". aku yang ada di sebelahnya udh berlinangan air mata- sambil tidak berhenti berkata AMIN. alhamdulilah UAN aku lancar SPMB juga lolos ^^

bu Nanik emang baiknya luar biasa, tiap kali dikasih apa apa selalu si pemberi (dan keluarganya) didoakan. juga selalu bersyukur disetiap keadaanya (dalam keadaan susah sekalipun). pernah gitu bu Nanik dapat musibah jatoh dari sepeda, waktu ibu nanya keadaannya, bu nanik bilang "alhamdulilah bu mboten nopo-nopo tasek saget didamel mlampah kaliyan sholat" (alhamdulilah bu nggak kenapa kenapa masih bisa dipakai jalan sama sholat), see....
petuah petuah dan doa doanya itu yang selalu bikin aku dan orang orang lainnya berlinangan air mata...

yang membaca aja udh dikasih pahala besar apalagi yang mengajarkan ya kan ???

makanya SETIAP kali aku baca Qur'an selalu selalu dan selalu ingat sama beliau. kalo bukan karna bu Nanik pasti kemampuan membaca Qur'an ku masih setingkat imbisil-yang masih alif, bak, tak, tsak, jim aja...
aku yakin di setiap kalimat dalam Qur'an yang kami (orang-orang yang belajar ngaji ke bu Nanik) baca, pasti juga ada doa untuk beliau yang sudah mengajarkan kami bisa membaca Qur'an ^^

0 comments:

 
Header Image by Colorpiano Illustration